Nyimas Sebagai Penyembuh Kemiskinan

Maju Bersama | Sejahtera Bersama

Nyimas Sebagai Penyembuh Kemiskinan

Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah ( KSPPS ) Bersatu Kerabat Pulo Kambing yang terletak di Jakarta Timur membuat sebuah program tabungan yang bisa membantu mengentaskan kemiskinan. Program ini dirasa ampuh untuk target sasaran kaum perempuan, dan program ini adalah NyiMas ( Nyimpan Emas ).

KSPPS Bersatu Kerabat Pulo Kambing merupakan koperasi simpan pinjam yang identik dengan pembiayaan modal usaha. Namun tabungan NyiMas ini berbeda sedikit. Walaupun akad musyawamah ini pun adalah jual beli tetapi NyiMas ini memilik resiko kegagalan yang sangat kecil. Kegagalan yang dimaksud adalah ketika terjadi kredit macet.

Tabungan NyiMas ini tidak memiliki resiko besar karena ketika seorang nasabah atau anggota NyiMas yang ditengah perjalanan nabung terjadi kemacetan maka emas yang sudah disiapkan akan mengalami lelang.

Banyak orang bertanya apa untungnya ikut NyiMas ? Bukankan KSPPS itu cenderung fokus pada pembiayaan modal usaha ? Inilah yang masih awam masyarakat pahami bahwa KSPPS Bersatu Kerabat Pulo Kambing dengan mengelurkan program NyiMas ini adalah bentuk pembiayaan juga. Hanya beda konsep saja. Pembiayan modal menerima uang, tabungan NyiMas menerima Emas Logam Mulia.

KSPPS Bersatu Kerabat Pulo Kambing untuk mengeluarkan program ini pun harus melalui tahap diskusi yang panjang dengan konsultan dan dewan pengawas. Tidak ingin terjebak dalam Riba dan harapannya bisa mensejahterkan keluarga miskin dengan tabungan NyiMas ini.

Program NyiMas ini awalnya adalah kerjasama KSPPS Bersatu Kerabat Pulo Kambing dengan PT Antam Logam Mulia Tbk melalui program CSR. Tetapi kini NyiMas sudah mampu berdiri sendiri.

Sebenarnya yang di tawarkan dari Program NyiMas ini sangat sederhana yaitu masyakarat mau menabung ( komintmen ) dengan rutin ( konsisten ) maka hasil yang diharapkan pasti bisa terwujud yaitu keluarga mandiri. Terlebih lagi NyiMas ini bisa dikolaborasikan dengan tabungan sampah kering. Kemiskinan bukan dientaskan tetapi dicarikan solusinya dan NyiMas bisa jadi salah satu solusinya.

Please follow and like us:
error20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *