Tak Kenal Maka Tak Sayang, Sudah Kenal Makin Sayang

Maju Bersama | Sejahtera Bersama

Tak Kenal Maka Tak Sayang, Sudah Kenal Makin Sayang

Selamat Pagi buat kamu semua yang masih setia membaca artikel di web ini. Kali ini saya mau sharing tentang produk yang ada di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah ( KSPPS ) Bersatu Kerabat Pulo Kambing yaaa.. Simak yaa…
Produknya diantaranya adalah SimBer ( Simpanan Bersatu ), IMB ( Investasi Mudharabah Berjangka ), NyiMas ( Nyimpan Emas ) dan Pembiayaan ( modal usaha ).

Yukk satu satu kita kupas sedikit yaaa..

SimBer adalah singkatan dari Simpanan Bersatu. Tabungan ini bentuknya adalah tabungan yang bisa diambil sewaktu waktu. Nominal tabungan pun bebas dan sangat bervariasi, mulai dari seribu rupiah pun bisa diterima menabung di produk SimBer ini. Akadnya adalah wadiah ( titipan ). Jadi nasabah menitipkan dananya ke koperasi dan bisa diambil kapan saja.

Kalau untuk IMB ( Investasi Mudharabah Berjangka ) ini adalah produk berjangka. Investor bisa menerima uangnya kembali setelah 1 tahun. Akadnya adalah Mudharabah.
Mudharabah adalah bentuk kerja sama antara dua atau lebih pihak di mana pemilik modal mempercayakan sejumlah modal kepada pengelola dengan suatu perjanjian di awal. Bentuk ini menegaskan kerja sama dengan kontribusi seratus persen modal dari pemilik modal dan keahlian dari pengelola.  Dana investasi ini digunakan untuk membantu permodalan UKM tentunya dengan pemantauan berkala dari pengelola.

Selanjutnya adalah NyiMas ( Nyimpan Emas ), ini adalah produk tabungan jangka pendek ( 4 bulan ) yang hasilnya berupa Emas Logam Mulia. Nilai tabungan yang harus di setor selama 4 bulan pun flat alias sama. Produk ini menggunakan akad Musawamah. Kegiatan dengan akad musawamah ini seperti transaksi jual beli yang terjadi di pasar. Pembeli tak perlu tahu harga modal penjual.Tetapi kedua belah pihak sama sama dengan ikhlas dan sadar ingin bertarnsaksi jual beli.

Yang terakhir adalah pembiayaan. Pembiayaan yang diberikan harus dominan untuk modal usaha. Nah akad yang digunakan diantaranya Mudahrabah, Murabahah, Ijarah dan Rahn. Penjelasana mudharabah seperti terurai diatas yaa.. Untuk murabahah artinya adalah perjanjian jual-beli antara koperasi dengan anggota / nasabah. Koperasi membeli barang yang diperlukan nasabah kemudian menjualnya kepada nasabah yang bersangkutan sebesar harga perolehan ditambah dengan margin keuntungan yang disepakati antara koperasi dan nasabah. Lalu ada ijarah, akad ini cocok bagi pelaku UKM yang membutuhkan dana untuk sewa tempat usaha. Akad Ijarah merupakan akad pemindahan hak guna (manfaat) atas suatu barang dalam waktu tertentu dengan pembayaran sewa ( Ujrah ) tanpa diikuti dengan pemindahan kepemilikan atas barang tersebut. Akad selanjutnya adalah Rahn artinya  adalah semacam jaminan hutang atau gadai. Pelaku usaha kecil yang membutuhkan tambahan modal bisa melakukan gadai ke koperasi. Barang gadai yang kami terima adalah Emas Logam Mulia.

Bagaimana ? Sudah cukup jelas ya produk produk KSPPS Bersatu Kerabat Pulo Kambing ? Inshaa allah semua dilakukan dengan skema syariah yaa.. Jika ini manfaat dan baik untuk disebar luaskna maka saya sangat berterimkasih kepada pembaca yang baik hati. Semoga aktifitas di KSPPS BKPK ini bisa di tiru di koperasi lain yaaa

Please follow and like us:
error20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *