PERJANJIAN POLITIK ALA RKBN

Maju Bersama | Sejahtera Bersama

PERJANJIAN POLITIK ALA RKBN

Apa yang terbesit dipikiran kita ketika melihat segerombolan anak muda mau melakukan kegiatan positif seperti majelis taklim ? Pasti kagum yaa.. apalagi mekera melakukan pertemuan secara rutin dan berkala. Dan yang makin membuat kagum adalah ketika mereka mampu membuat event keagamaan dengan mengundang salah satu guru besar. Bagus kan ? Artinya mereka mau mengisi waktu mereka dengan kegiatan yang positif.

Melihat ini maka kami dari Rumah Kreatif Bersatu Nusantara takkan menyia nyiakan ini. Ini adalah tanda bagus..tanda RKBN sudah bisa di regenerasikan…hihihi. Besarnya program RKBN tidak akan bagus jika belum ada tongkat estafet bagi generasi muda. Sebab kegiatan yang ada di RKBN adalah kegiatan harian yang bisa mereka selesaikan di rumah tanpa harus menyita waktu lebih banyak.

Akhirnya pada hari Minggu 12 Mei 2019 pukul 10.00 WIB diadakan pertemuan antara penggerakan dan calon penggerak. Dimulai dengan memaparkan kondisi wilayah tempat RKBN berada yaitu di RW 02 Kelurahan Jatinegara Kecamatan Cakung Jakarta Timur. Memiliki penduduk yang cukup padat, status ekonomi 70% menengah ke bawah dan yang utama adalah memiliki iklim yang tingkat polutannya cukup tinggi ( karena berada di daerah usaha furniture ). Tetapi sudah ada kegiatan Bank Sampah sejak 2014, artinya ini bisa menjadi salah satu solusi untuk menangani sampah warga dengan sistem menabung. Sudah berjalan walau belum cukup baik..nah untuk itulah guna dari keterlibatan anak muda ini, mereka bisa menjadi bintang iklan agar warga mau melakukan pilah sampah dan membawa sampah mereka ke Bank Sampah untuk dicatat sebagai tabungan.

Untuk informasi saja kegiatan anak muda ini salah satunya adalah hadroh. Nah kegiatan hadroh membutuhkan tempat yang cukup luas bukan ? Kebetulan aula RKBN bisa menampung 50 orang. Artinya ? Yess !! Kegiatan hadroh bisa dilakukan di aula RKBN dengan catataaaaannn mereka semua bersedia menjadi agen perubahan di lingkungan mereka terlebih dahulu. Mulai dari agen bank sampah, agen petani, agen koperasi, agen wisata hingga agen kerajinan. Kenapa harus agen namanya ? Ya gak apa apa..suka aja dengan kata agen ..hehehe

Lalu obolan pun makin meluas dengan diarahkan membentuk agen tersebut. Akhirnya terbentuklah 1 unit dengan 5 anak sebagai agennya..super dong yaaa…hihihi. Tapiii gak boleh senang dulu, sebab ini kan baru deklarasi. Kita tunggu saja apakah eksekusinya bisa berjalan sesuai dengan harapan ?

Harapannya apa sajaa…?

  • Lingkungan bersih
  • Lingkungan lebih hijau
  • Ada pembuatan kompos skala rumah tangga
  • Banyak tanaman hijau ( untuk memperbanyak stok oksigen )
  • Ada wirausaha kerajinan dari sampah plastik, serbuk kayu hingga koran
  • Warga sudah sadar menabung
  • Warga bisa memiliki emas logam mulia sebagai benda investasi
  • Warga mudah mendapatkan pembiayaan modal usaha di koperasi karena sudah mempunya aset emas logam mulia

Tak berlebihan kan ? Sebab jika hal diatas terwujud maka yang tersenyum bukan hanya orang orang yang ada saat ini, tetapi anak cucu kita kelak pun akan ikut tersenyum bangga dan bahagia karena memiliki orang tua yang peduli terhadap lingkungan yang membuat mereka bisa hidup nyama saat ini…..

Anak muda ini akan mewujudkan harapan ini..tentunya jika dilakukan dengan penuh komitmen dan konsistensi yang tinggi. Kira kira bagaimana hasilnya ya ? Tunggu cerita saya dalam 3 bulan kedepan yaaaa….

Please follow and like us:
error20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *