KETIKA KERAGUAN HADIR

Maju Bersama | Sejahtera Bersama

KETIKA KERAGUAN HADIR

Pro dan kontra terjadi terkait dibuatnya Bank Sampah Kerabat Pulo Kambing RW 02 di Jakarta Timur.Ada yang senang dengan adanya Bank Sampah karena mereka bisa punya tabungan dari hasil kelola sampah. Tetapi ada juga yang merasa tidak nyaman karena kehadiran Bank Sampah dianggap sebagai rivalitas pemulung.

Manajer Bank Sampah Kerabat Pulo Kambing, Isminatin mengatakan bahwa sejatinya kehadiran Bank Sampah ini bisa membantu tata kelola sampah warga dengan baik, asal dilakukan secara bersama sama.

” Awal menjabat Manajer Bank Sampah Kerabat Pulo Kambing sempat ada keraguan juga di hati saya, apakah saya mampu mengajak orang lain merubah pola hidup yang awalnya cuek sama sampah berubah jadi peduli ” ujar Isminatin.

” Apalagi saya tidak punya kuasa jabatan tertentu di wilayah. Ditambah lagi dasar ilmu saya untuk kelola sampah tidak mumpuni ” tambahnya.

Namun keraguan sosok Isminatin terjawab ketika bergabungnya Suci Rahmawati warga Bintara Bekasi dan Casda warga RW 01.Dia terus berupaya membuktikan kepada warga sekitar bahwa kegiatan Bank Sampah ini bukanlah kegiatan yang hanya muncul ketika ada penilaian Adipura. Terbukti dibawah kepemimpinannya Bank Sampah Kerabat Pulo Kambing selalu tepat waktu dalam memberikan laporan volume sampah ke Dinas dan Sudin Lingkungan Hidup.

” Pastinya setiap akhir bulan kami melakukan rekapitalasi data volume sampah dan jumlah uang yang masuk ke rekening Bank Sampah Kerabat Pulo Kambing. Setelah itu kami berikan laporan ke Dinas dan Sudin LH lewat e- banksampah ” jelasnya.

Artinya segala yang awalnya diragukan tetapi dilakukan secara terus menerus maka akan berdampak juga, terbukti 20 sekolah binaan, 7 instansi dan 5 komunitas sudah menjadi binaan Bank Sampah Kerabat Pulo Kambing dan grafik ini akan terus naik tentunya ketika kesadaran dan keingin tahuan tentang Bank Sampah makin bertambah.

” Insyaa Allah saya dan tim Bank Sampah Kerabat Pulo Kambing yakin bahwa kerja kami pasti akan ada hasil dan baik untuk lingkungan ” tandas Isminatin menutup percakapan kali ini.

Please follow and like us:
error20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *