JANGAN TERLALU BERHARAP

Maju Bersama | Sejahtera Bersama

JANGAN TERLALU BERHARAP

Jangan terlalu berharap mereka bisa memahami apa yang kami sampikan saat ini. Bicara sampah, bicara masa depan, bicara wirausaha dan bicara kemandirian jika ingin langsung dipahami siswa maka itu adalah hal yang kecil sekali kemungkinannya, tetapi apakah akan menyurutkan semangat kami untuk terus bersyiar ? Tentu tidak !!!

Kalau sebelumnya bertemu dengan para orang tua muridnya, kini tiba giliran bertemu dengan para siswa siswi SMK N 50 Jakarta. Hari Jumat yang biasanya ada kegiatan siraman rohani dan senam, kali ini diisi dengan acar sharing kegiatan Rumah Kreatif Bersatu Nusantara.

Apa program terkini yang akan diangkat ? Ya pastinya NyiMas !! NyiMas adalah tabungan yang bisa dikombinasikan antara uang dan sampah. Bukankah di sekolah juga banyak sampah ? Nah saatnya ajak siswa untuk berperan aktif dalam kelola sampah yang ada di sekolah untuk dijadikan tabungan NyiMas.

Mencoba memahami kebutuhan siswa dan menggali potensi yang dimiliki siswa maupun sekolah untuk menghasilkan suatu konsep tabungan terkeren masa kini adalah tujuan kehadiran kami hari ini di SMK N 50 ( lagiii.. )

Ternyata siswa SMK N ini harus sudah berkegiatan seperti layaknya pekerja, terlihat dengan adanya bank mini, penjaga kantin dan pengelola koperasi dimana pekerjanya melibatkan siswa adalah hal yang baik.Siswa langsung praktek sebagai teller, untuk menerima transaksi tabungan.

Nah NyiMas pun bisa menjadi pilihan lain yang lebih menarik. Kebayang dong ratusan siswa buka NyiMas maka dalam 4 bulan ada berapa gram emas logam mulia yang siswa pegang ? Dan jika NyiMas adalah padu padan uang dan sampah, maka berapa banyak sampah yang tereduksi masuk ke dalam rekening tabungan siswa ? Bukankah ini hal baik ? Ya pastinya !! Tetapi siswa tidak bisa langung mengeksekusi program baik ini tanpa bimbingan guru guru tentunya. Untuk itu NyiMas ini pun sebaiknya bisa diikuti para guru, sehingga ada contoh yang bisa siswa lihat.

Tergabung sebagai anggota NyiMas maka bukan hanya mendapakan emas logam mulia ya..tetapi siswa pun belajar bekerja, belajar berwirausaha dan belajar mandiri. Kembali lagi jangan terlalu berharap mereka memahami apa yang kami sampaikan saat ini, sampai mereka menghadapi sebuah masalah dan mereka akan ingat pertemuan hari ini…. indahnyaaa

Please follow and like us:
20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *