HUT KSPPS Bersatu Kerabat Pulo Kambing Yang KE 5

Maju Bersama | Sejahtera Bersama

HUT KSPPS Bersatu Kerabat Pulo Kambing Yang KE 5

Tepat 8 Januari 2019 usia KSPPS Bersatu Kerabat Pulo Kambing menginjak angka 5 tahun. Bukan hal mudah untuk bisa mempertahankan dan membesarkan kegiatan yang awalnya adalah pemberdayaan masyarakat ini. Berawal dengan nama Kelompok Bersatu Kerabat Pulo Kambing yang hanya bisa merangkul 20 perempuan, lalu berubah menjadi Koperasi Bersatu Kerabat Pulo Kambing yang berhasil merangkul 200 perempuan dan kini KSPPS Bersatu Kerabat Pulo Kambing bisa merangkul 1.400 orang. Jadi saat ini bukan hanya perempuan yang bisa merasakan manfaat dengan menjadi anggota KSPPS BKP, kaum laki laki pun bisa.

Sedikit flash back yaa.. pada waktu masih bernama Kelompok Bersatu Kerabat Pulo Kambing kegiatan menabung hanya terjadwal seminggu sekali yaitu setiap hari Rabu mulai pukul 09.00 _ 12.00 WIB, digawangi oleh 2 orang yaitu Vera Nofita ( pemilik ide ) dan Iin Parlina ( korban ide hehehe … ). Dengan tujuan agar kaum perempuan bisa mempunya nilai tabungan dari uang yang mereka punya setiap minggunya. Seminggu nabung Rp 5.000 sepertinya adalah hal mudah ya .. mengingat harga semangkok bakso bisa Rp 10.000 – Rp 15.000 dan kerennya lagi sebagian besar perempuan adalah penikmat Bakso..tetapi kenyataannya menyisihkan uang Rp 5.000 seminggu pun memerlukan usaha yang super keras hahaha.. terbukti dari 20 orang perempuan yang mendeklarasikan dirinya mau berubah menjadi perempuan cerdas dalam seminggu yang nabung hanya 50 % nya saja alias 10 orang hehehe. Tapi bukan alasan untuk berhenti, ini adalah tantangan yang harus dicarikan solusinya. Lalu apakah mudah mempertahankan si korban ide ini ? Ternyata mudah lhoo.. karena dari awal kegiatan sudah ditetapkan bahwa 2 orang ini akan mendapatkan basil ( bagi hasil ). Kok bisa ada basil yaa ..? Iya, karena dari awal dibentuk tujuan menabung ini adalah untuk membantu 20 orang ini dalam modal usaha. Keren kan ….

Selang beberapa bulan nama kelompok ini berubah menjadi Pra Koperasi. Kenapa Pra ? Karena belum mempunyai legalitas / badan hukum.Kegiatan tetap berjalan dan kerennya sekarang bisa merekrut 8 perempuan untuk jadi relawan hehehe…

Setelah Pra Koperasi, berubah menjadi Koperasi Bersatu Kerabat Pulo Kambing. Alhamdulillah mendapatkan support dari CSR Antam Logam Mulia untuk membuat Akta Notaris Koperasi. Setelah menjadi Koperasi jumlah anggota bertambah menjadi 800 orang lhoo dan semuanya masih perempuan. Karena pada watu itu masih fokus target pada perempuan. Jenis Koperasinya pun masih Serba Usaha.

Setelah satu tahun, nama Koperasi berubah menjadi KSPPS ( Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah , berubah menjadi koperasi syariah dengan jenis koperasi adalah Simpan Pinjam. Dan sekarang baru sekitar 1.400 orang yang tergabung didalamnya. Alhamdulillah.

Tantangan di setiap tahunnya pasti berbeda, tahun pertama tantangan untuk diri sendiri bagaimana mau dan bisa konsisten, tahun kedua tantangannya untuk tim bagaimana bisa punya ilmu pembukuan walau secara manual, tahun ketiga tantangan untuk tim bagaimana bisa menggunakn software untuk pembukuan ( tak manual lagi ), tahun keempat tantangan bagaimana bisa meningkatkan profit koperasi dengan cara menjual produk yang tepat sasaran artinya pembiayaan yang dibrerikan tepat pada anggota yang membutuhkan dan memiliki kejujuran yang tinggi. Nah tahun kelima tantangan makin besar deh… apa itu ? Yaitu bagaimana anggota bisa sejahtera…keren kan ?

Jadi kalau ada yang bilang ini kegiatan yang menyenangkan karena bisa menolong banyak orang, itu adalah benar …..

Menolong UKM yang membutuhkan modal usaha, menolong mahasiswa yang membutuhkan laptop untuk mengerjakan tugas, menolong anggota yang butuh biaya sekolah anaknya dan masih banyak lagi hal baik yang bisa diberikan di KSPPS BKPK ini. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mau bergabung disini… Karena sejatinya kita manusia tidak akan mampu menolong banyak orang hanya mengandalkan 1 dompet..sementara di KSPPS BKPK kita bisa memiliki dompet lebih dari 1 ( baca : modal dari anggota ).

Kseimpulannya adalah mempertahankan tidak semudah membentuk, KSPPS BKPK harus terus belajar dan berjuang demi wujudkan harapan bersama yaitu entaskan kemiskinan.


Please follow and like us:
20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *