Gara gara Adiwiyata !

Maju Bersama | Sejahtera Bersama

Gara gara Adiwiyata !

Gara-gara Adiwiyata !

Dalam rangka mendorong kesadaran warga sekolah akan tanggung jawabnya dalam pelestarian lingkungan hidup yang sehat, bersih dan asri, Kementrian Lingkungan Hidup bersama dengan kementrian pendidikan nasional membuat sebuah program bernama Adiwiyata.

Dengan kata lain, melalui program ini seluruh warga sekolah seperti kepala sekolah, guru guru, siswa dan seluruh karyawan sekolah didorong untuk memiliki kesadaran dan tanggung jawab terhadap pelestarian lingkungan yang berada dilingkungan sekolah khususnya. Namun tanpa disadari sebagai manfaat jangka panjang dari program ini, lambat laun rasa peduli terhadap lingkungan akan muncul secara perlahan pada pribadi masing masing warga sekolah dan terwujud di kehidupan sehari hari dalam kehidupan bermasyarakatnya.

Dikembangkan berdasarkan norma-norma dalam berperikehidupan yang meliputi: kebersamaan, keterbukaan, kesetaraan, kejujuran, keadilan dan kelestarian fungsi lingkungan hidup dan sumber daya alam, program adiwiyata ini bertujuan untuk menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah agar menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah untuk ikut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan.

Terdapat beberapa hal yang dapat mewakili Program Adiwiyata di sekolah, yakni :

  1. Pembuatan Bank Sampah Sekolah yang melibatkan warga sekolah beserta pengelolaan sampah kering.
  2. Pengelolaan sampah basah untuk di jadikan kompos, melalui tong komposter.
  3. Pembuatan produk/karya baru (inovasi) dengan bahan dasar sampah kering atau sampah basah atau sebuah teknologi baru yang berhubungan dengan pengelolaan sampah dalam bentuk produk dan atau karya tulis ilmiah.
  4. Pengurangan penggunaan wadah sekali pakai.
  5. Pembuatan lubang biopori.
  6. Pengadaan dan pengelolaan kebun dengan metode Hidroponik.
  7. Penanaman tanaman dengan atau tanpa pot di lingkungan sekolah dengan metode konvensional.

Dalam setiap program, pasti terdapat tantangan tersendiri didalamnya. Dan pada program ini, sosialisasi yang intens dan konsistensi warga sekolah dalam penerapan setiap kegiatan yang menjadi tantangannya.

Sosialisasi. Tidak jarang sekolah pun kesulitan untuk mensosialisasikan program adiwiyata ini, agar benar benar dapat diterapkan dengan baik oleh seluruh warga sekolah. Namun jangan khawatir, karena seluruh kegiatan yang terdapat di Rumah Kreatif Bersatu Nusantara – Pulokambing dapat mempermudah tantangan pihak sekolah untuk melakukan sosialisasikan program adiwiyata beserta kegiatan kegiatan yang dapat dilakukan warga sekolah menuju kesuksesan program adiwiyata ini.

Sedikit informasi saja, Rumah Kreatif Bersatu Nusantara – Pulo Kambing, dapat menjadi konsultan pihak sekolah, karena kami memiliki unit kegiatan yang mewakili program adiwiyata, yakni :

  1. Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah;
  2. Bank Sampah
  3. Karya Kreasi (guna ulang sampah kering)
  4. Agrilearning (konvensional dan hidroponik)

Kegiatan sosialisasi dapat dimulai dengan mudah. Hanya dengan biaya Rp. 50.000,- (lima puluh ribu rupiah) per peserta, maka warga sekolah dapat mendapatkan seluruh informasi seputar kegiatan kami yang erat hubungannya dengan Adiwiyata, sebagai langkah awal sosialisasi. Dan informasi tersebut akan didapatkan dari para pelakunya langsung.

Sebagai contoh, tanggal 10 dan 12 September 2019 lalu, kami baru saja mendapatkan kunjungan dari siswa siswi  SMA Bina Pangudi Luhur Jakarta sebanyak 61 peserta bersama 4 orang guru. Mereka datang untuk mengetahui banyak informasi tentang kegiatan pelestarian lingkungan hidup yang kami lakukan. Sebuah kebanggaan ketika melihat antusias mereka dalam kegiatan edukasi ini. Apresisasi besar untuk mereka.

Bagaimana.. Menarik Bukan???

Jika Anda membutuhkan informasi secara detail tentang kegiatan ini, maka silahkan hubungi Dian (0812 1346 7405) melalui telepon/Whatsapp ya… Terimakasih sudah membaca artikel ini…

Selamat beraktifitas..

Please follow and like us:
error20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *