Bahagianya Berbagi yang Akan Membuat Orang Lain Bahagia

Maju Bersama | Sejahtera Bersama

Bahagianya Berbagi yang Akan Membuat Orang Lain Bahagia

29 Juni 2019, kami mendapat kehormatan untuk menghadiri syukuran hari kelahiran Bapak Sandiaga Uno. Menjadi hal yang sangat membahagiakan karena kami diminta untuk mengisi acara dengan materi wirausaha. Dan materi yang diminta adalah Hidroponik dan Kerajinan Guna Ulang.

Adapun materi kerajinan Guna Ulang mengangkat tema membuat piring dari bahan slopan minuman. Slopan minuman ini adalah plastik keras yang ada di gelas monti. Seperti kita tahu, saat ini banyak sekali minuman gelas dengan warna gelas yang bervariasi. Untuk bisa memaksimalkan memperpanjang umur plastik slopan ini adalah dengan membuat karya. Dan membuat piring adalah tema yang tepat.

Piring adalah alat rumah tangga yang sering digunakan untuk mewadahi makanan. Piring yang kami buat dari slopan ini pun tak kalah menarik lhooo..Warnanya yang menarik perhatian akan membuat siapapun yang membuatnya akan sangat senang.

Berbeda ketika memberikan pelatihan hidroponik. Ternyata dari peserta dan tamu undangan yang hadir masih banyak yang belum tahu tentang bertanam Hidroponik. Sebagian besar yang mengikuti kelas ini sangat antusias ( walau masih ada yang setengah hati…hehe ).

Targetnya adalah mempersiapkan generasi muda untuk melakukan bisnis dengan modal murah. Yess !! Hidroponik dan Piring Slopan adalah salah satu solusinya. Bisa langsung diterapkan di rumah kok.. Misal bertanamnya menggunakan baskom atau ember bekas pun bisa…

Dan yang tak kalah membahagiakan ketika diminta untuk menjadi salah satu nara sumber untuk acara sharing sesion. Dan akan bersanding dengan dr. Gamal dan salah satu pengurus waste4change. Temanya adalah Sampah, Berkah, Kerja … Kenapa memakai tema itu ? Karena saya dan 2 narsum lainnya adalah penggiat sampah dan bank sampah heheh…

Dalam acara ini diusahakan mendobrak pemikiran para generasi muda bahwa sampah itu hanyalah musibah. Padahal jika dikelola dengan manajeman yang baik maka nilai sampah akan menjadi berkah. Dan dr. Gamal adalah salah satu contoh yang telah membuktikan dengan sampah bisa menjadi alat tukat untuk berobat. Artinya sampah adalah berkah untuk sebagian orang yang kurang mampu untuk berobat ke klinik atau Rumah Sakit. Begitu juga dengan yang saya dan teman teman lakukan di Rumah Kreatif Bersatu Nusantara ini tentang sampah. Dikelola dan dibuat jadi kerajinan. Walau untuk saat ini aneka kerajinan berbahan sampah belum terlalu bagus dalam penjualan di masyarakat tapi setidaknya ada nilai edukasi yang kami sampaikan.

Para pejuang sampah semoga senantiasa diberikan kesabaran dan kekuatan yaa.. karena kelola sampah ini bukan hanya sampah yang menjadi topik utama tetapi keadaan masyarakat dan pola pikir masyarakat pun mejadi topik terpenting untuk diubah. Semoga dengan hadirnya generasi muda di acara ini bisa menjadi agen perubahan terhadap dua hal diatas untuk menjadi lebih baik yaaa…semogaaa !!!!

Please follow and like us:
error20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *