Bank Sampah Kerabat Pulo Kambing

Bank Sampah Kerabat Pulo Kambing

Bank Sampah Kerabat Pulo Kambing

Bank Sampah Kerabat Pulo Kambing

Bank Sampah Kerabat Pulo Kambing adalah unit usaha RKBN Pulo Kambing yang berfokus pada kegiatan pengelolaan sampah dan melakukan kegiatan Bank Sampah pada umumnya. Sesuai dengan definisinya, Bank Sampah adalah suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah. Hasil dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah akan disetorkan ke tempat pembuatan kerajinan dari sampah atau ke tempat pengepul sampah. Sejak pendiriannya pada tanggal 2 Maret 2014, Bank Sampah Kerabat Pulo Kambing telah memiliki anggota sebanyak 675 orang di 7 Rukun Warga dan memiliki binaan sejumlah 16 sekolah binaan, 3 Majelis Ta’lim binaan, serta 5 instansi binaan, yang terdapat di beberapa wilayah di Kecamatan Cakung dan di luar Kecamatan Cakung.

Pada dasarnya pendirian Bank Sampah Pulo Kambing adalah karena di lingkungan masyarakat Pulo Kambing banyak sekali sampah yang belum terkelola dengan baik. Dengan adanya pola pilah sampah maka sampah akan bisa menjadi nilai ekonomi, tidak terlalu besar nilai rupiahnya namun berdampak besar terhadap pengurangan volume sampah ke TPA. Tujuan kegiatan Bank Sampah adalah :

  1. Agar warga mau mulai pilah sampah dari rumah
  2. Agar lingkungan bersih
  3. Kas RT bisa dialokasikan untuk pembangunan infrastruktru wilayah, karena sampah sudah terpilah dengan baik dan ditabung ke Bank Sampah sehingga membuat kas iuran sampah bisa terkumpul.
  4. Interaksi warga makin intens.
  5. Menciptakan kegiatan positif tanpa modal uang.

Untuk informasi Kegiatan, Pelatihan dan Kerjasama Produk Bank Sampah Pulo Kambing, silahkan menghubungi Call Center RKBN Pulokambing  di Telp. (021) 2246 1474 / 0858 1441 4515 ( Ibu Isminatin – Manager Bank Sampah Kerabat Pulo Kambing ) atau email ke banksampah@pulokambing.com.